Senin, 13 Juni 2011

Teknik VoIP Rakyat Gratisan & Nomor Washington DC dan Inggris Gratis


Teknik VoIP Rakyat Gratisan & Nomor Washington DC dan Inggris Gratis




Dengan semakin murahnya Internet 24 jam, terutama di dorong oleh berkembangnya RT/RW-net yang menggunakan Wireless di frekuensi 2.4GHz., berbagai aplikasi Internet menjadi semakin menarik untuk digunakan. Pada saat tulisan ini di tulis, akses Internet 24 jam melalui RT/RW-net dapat di peroleh seharga Rp. 250-350.000,- / bulan. Di beberapa kota seperti Bandung dan Bogor, kadang dapat di peroleh dengan harga Rp. 50-150.000,- / bulan unlimited 24 jam akses. Diskusi teknologi maupun akses murah ini banyak dilakukan di mailing list indowli@yahoogroups.com dan asosiasi-warnet@yahoogroups.com.

Dengan adanya Internet 24 jam, aplikasi telepon seperti Internet telepon menjadi sangat menarik bagi kita yang berada di Internet. Hukum yang mendasari jasa Internet Telepon adalah Pasal 60 dari Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 21 Tahun 2001 Tentang Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi, yang berisi, “Penyelenggaraan jasa internet teleponi untuk keperluan publik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46 ayat (1) huruf d merupakan penyelenggaraan internet teleponi yang bersifat komersial, dihubungkan ke jaringan telekomunikasi”. KM 21 / 2001 dapat di ambil di situs POSTEL http://www.postel.go.id. Artinya, kita tidak perlu meminta ijin kepada Menteri, jika kita mengoperasikan jaringan internet telepon,

  • Untuk keperluan pribadi.
  • Tidak di komersialkan.
  • Gratis & tidak berbayar.
  • Tidak di sambungkan ke jaringan telkom.
  • Hanya di sambungkan ke jaringan PABX, atau extension di kantor.

Bicara terus terang dulu, jasa untuk mengkonfigurasi VoIP, jasa untuk menjual peralatan VoIP adalah legal dan dapat mendatangkan rejeki yang lumayan. Yang lebih menarik lagi, karena peralatan VoIP ini tidak di sambungkan ke jaringan telkom, hanya digunakan untuk keperluan Internet maka logikanya, tidak dibutuhkan type approval dari autoritas telekomunikasi di Indonesia seperti POSTEL. Semoga para pembaca tetap bersemangat untuk melakukan hal-hal yang legal & halal ini.

Teknologi VoIP gratisan menggunakan PC ke PC, seperti, Skype dan sebagian VoIP Merdeka sudah biasa dan tidak ada yang terlalu istimewa. Bagi mereka yang masih belum memggunakan Skype dapat mencobanya dengan mendownload secara gratisan software skype dari http://www.skype.com.

Yang akan lebih menarik untuk disimak adalah teknologi VoIP Rakyat yang merupakan teknologi pengganti VoIP Merdeka yang pernah di luncurkan di tahun 2000. Teknologi VoIP Rakyat sifatnya open source, bisa di gunakan, bisa di ambil gratis di Internet. VoIP Rakyat di motori oleh rekan-rekan dari WAN-DKI yang dipimpin oleh rekan Anton Raharja (anton@ngoprek.org). Rekan-rekan WAN-DKI ini mengembangkan software-software tambahan yang sifatnya open source dan di share secara internasional melalui SourceForge http://www.sf.net. Diskusi teknis tentang berbagai teknologi VoIP termasuk VoIP Rakyat & VoIP Merdeka biasanya dilakukan di voipmerdeka@yahoogroups.com.

Teknologi VoIP Rakyat berbeda dari VoIP Merdeka yang menggunakan protokol H.323 yang di kembangkan oleh International Telecommunication Union (ITU). VoIP Rakyat menggunakan Session Initiation Protocol (SIP) yang dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Konsekuensinya, teknologi VoIP Rakyat menjadi jauh lebih enteng untuk di operasikan di Internet dan dapat dengan mudah menembus proxy yang banyak digunakan oleh WARNET & kantor yang terhubung ke Internet.

Gilanya dari Teknologi VoIP Rakyat, di dukung oleh banyak jaringan VoIP pembrontak di seluruh dunia yang saling terhubung, seperti VoIP exchange, di SIPBroker http://www.sipbroker.com. Ada ribuan sentral telepon VoIP pembrontak yang saling terhubung di jaringan VoIP pembrontak melalui SIP Broker.

Secara umum kita dapat membagi teknologi VoIP menjadi beberapa jenis teknologi, seperti,

  • VoIP Berbasis PC di jaringan.
  • Menggunakan peralatan VoIP appliances.
  • Membuat sentral telepon sendiri.

VoIP Berbasis PC di Jaringan


Asumsinya anda mempunyai PC lengkap dengan sound card, speaker dan microfon yang tersambung ke Internet yang beroperasi 24 jam. Langkah yang perlu dilakukan untuk dapat tersambung ke jaringan VoIP para pembrontak yang beroperasi 24 jam adalah:

  • Buka account SIP gratisan, bisa di http://fwd.pulver.com, atau di Indonesia di http://www.voiprakyat.or.id atau http://voip.ictcentre.net. Perlu di catat, Pulver juga memberikan banyak servis termasuk call ke PSTN yang tentunya harus mendeposit sejumlah uang.
  • Kita perlu mengoperasikan software telepon di komputer, biasanya dikenal dengan sebutan softphone. Untuk aplikasi SIP, softphone gratisan yang dapat digunakan adalah x-lite atau SJPhone yang dapat diambil dari bagian download di http://www.voiprakyat.or.id.

Sampai tahapan ini sebetulnya kita sudah dapat saling berkomunikasi menggunakan teknologi VoIP Rakyat. Tentunya kita ingin memiliki sesuatu yang lebih daripada sekedar saling telepon di Internet. Kita biasanya sangat ingin sekali memiliki nomor telepon yang sama dengan Telkom atau yang di kenali oleh Telkom. Bagian ini menjadi menarik, karena teknologi SIP memungkinkan kita untuk,
  • Mendapat nomor telepon Washington DC Amerika Serikat secara gratis dengan cara mendaftarkan account SIP yang kita miliki ke http://www.ipkall.com. Ada empat pilihan kode area yang dapat kita gunakan, dan semua nomor yang kita peroleh dapat di hubungi dari Telkom maupun dari seluruh PSTN dari seluruh dunia. Disisi kita sebagai penerima telepon, kita tidak usah membayar yang satu sen pun untuk menerima telepon di Internet menggunakan nomor Washington DC gratisan tersebut.
  • Mendapatkan nomor telepon Inggris secara gratis dengan cara mendaftarkan account SIP yang kita miliki ke http://www.gossiptel.com. Ada dua alokasi kode area yang dapat kita gunakan. Sama seperti nomor Washington DC kita dapat menerima telepon dari PSTN secara gratis.
  • Mendapatkan nomor telepon dari negara Internet dengan kode negara +882 dengan cara mendaftarkan account SIP kita ke situs E.164 http://www.e164.org.
  • Yang paling menarik, mendaftarkan nomor telepon Telkom / PSTN / selular Indonesia ke jaringan VoIP pembrontak dapat menghubungi account SIP kita menggunakan nomor PSTN / selular Indonesia yang kita miliki. Registrasi secara gratis dengan call authentikasi dapat dilakukan melalui http://www.e164.org. Sementara ujicoba server ENUM / E.164 para pembrontak VoIP Rakyat di Indonesia di operasikan di server e164.groups.or.id.

Sampai tahapan ini kita dapat saling berkomunikasi dengan mudah dan gratis melalui Internet baik antar komputer maupun menerima telepon dari Telkom / selular Indonesia. Tentunya mereka yang menggunakan nomor telepon Telkom tetap harus membayar SLI untuk menelepon kita di VoIP yang menggunakan nomor Washington DC / Inggris.


Membangun Jaringan VoIP & Sentral VoIP Sendiri


Membangun jaringan VoIP dan sentral VoIP sendiri tidak sukar bahkan sangat mudah sekali. Biasanya jaringan ini biasanya digunakan untuk internal corporate. Software utama yang harus anda ambil adalah software softswitch Asterisk yang dapat di operasikan di sistem operasi Linux atua *nux lainnya.

Asterisk merupakan softswitch open source yang dapat diambil secara gratis dari http://www.asterisk.org. Asterisk mempunyai banyak kemampuan seperti fasilitas voicemail, conference call, music on hold, Interaktif Voice Responds (IVR) dan dapat mengenali nomor-nomor PSTN di seluruh dunia dengan di bantu oleh e164.org, e164.arpa maupun e164.groups.or.id dari para pembrontak di Indonesia.

Ilmu detail tentang teknik jaringan VoIP pembrontak ini dapat di lihat / di ambil di http://www.voip-info.org dan http://www.asteriskguru.com. Termasuk implementasi yang berhasil baik di Indonesia di http://www.voiprakyat.or.id dan http://voip.ictcentre.net.

Menggunakan VoIP Appliances


Bagi mereka yang mempunyai uang cukup banyak dan ingin mudah dalam mengoperasikan VoIP, pada hari ini cukup banyak VoIP appliances yang dapat kita gunakan dapat berupa IP PBX, IP Phone, WiFi Phone dsb.

Alat minimal yang dibutuhkan adalah sebuah IP Phone, pesawat telepon yang dapat langsung di colok ke LAN. Beberapa IP phone mempunyai kemampuan WiFi sehingga bisa langsung digunakan seperti layaknya handphone di sebuah jaringan HotSpot.

Bagi anda yang menginginkan jaringan yang kompleks dapat menambahkan beberapa alat tambahan seperti,

  • IP PBX, hati-hati dengan IP PBX ini karena tidak semua peralatan IP PBX yang ada di pasaran berbasis SIP. Beberapa menggunakan protokol yang sifatnya proprietary sehingga akan sulit untuk menggabungkannya dengan jaringan yang lain.
  • Media gateway antara jaringan Internet Telepon dengan jaringan telepon biasa, biasa di kenal sebagai Internet Telephony Gateway (ITG). Yang perlu kita perhatikan dari sebuah ITG adalah jenis sambungan RJ11-nya, ada dua (2) jenis sambungan, yaitu,

    • FXO – untuk di sambungkan ke PSTN / Telkom / Extension PABX.
    • FXS – untuk di sambungkan ke pesawat telepon / FAX.

Beberapa contoh alat ini adalah,
Produk
Tipe
FXS
FXO
Feature
URL
LevelOne
VOI-1110
1
0
Router
http://www.level1.com
LevelOne
VOI-2100
1
1
Router
http://www.level1.com
LevelOne
VOI-4100
4
0
-
http://www.level1.com
LinkSys
SPA-3000
1
1

http://www.linksys.com
LinkSys
SPA-9000


IPPBX
http://www.linksys.com
LinkSys
SPA-901


IP Phone
http://www.linksys.com
LinkSys
SPA-921


IP Phone
http://www.linksys.com
LinkSys
SPA-922


IP Phone
http://www.linksys.com
LinkSys
SPA-941


IP Phone
http://www.linksys.com
LinkSys
SPA-942


IP Phone
http://www.linksys.com
LinkSys
PAP-2
2


http://www.linksys.com
Planet
VIP-190


WiFi Ph.
http://www.planet.com.tw
Planet
IPX-1803
1
3
IP PBX
http://www.planet.com.tw
Planet
IPX-1804

4
IP PBX
http://www.planet.com.tw
Planet
IPX-2000

8
IP PBX
http://www.planet.com.tw
Planet
VIP-157
1
1

http://www.planet.com.tw
Planet
VIP-157S
2


http://www.planet.com.tw
Planet
VIP-152T


IP Phone
http://www.planet.com.tw
Planet
VIP-150T

1
IP Phone
http://www.planet.com.tw
Planet
VIP-450
2
2

http://www.planet.com.tw
ATCOM
AX-100P

1
PCI
http://www.atcom.cn
ATCOM
AX-4E

4 E1
PCI
http://www.atcom.cn
ATCOM
AU-600
1
1
USB
http://www.atcom.cn
ATCOM
AU-200


USB
http://www.atcom.cn
ATCOM
AG-168FC
1
1

http://www.atcom.cn
ATCOM
AG-468
4


http://www.atcom.cn
ATCOM
AT-320EE


IP Phone
http://www.atcom.cn
3COM
3C-3100


IP Phone
http://www.3com.com
3COM
NBX-V3000


IP PBX
http://www.3com.com
3COM
VOIP GW
16 E1
16 E1

http://www.3com.com
BCM
WLAN600


WiFi Ph.
http://www.bcmcom.com.tw
BCM
WLAN660


WiFi Ph.
http://www.bcmcom.com.tw
DLink
DPH-140S


IP Phone
http://www.dlink.com
DLink
DPH-540


WiFi Ph.
http://www.dlink.com
DLink
DVG-3004S

4

http://www.dlink.com
DLink
DVX-1000


IP PBX
http://www.dlink.com
DLink
DVG-2001S
1


http://www.dlink.com
DLink
DVG-1402S/L
2


http://www.dlink.com
Grandstream
GPX-2000


IP Phone
http://www.grandstream.com
Grandstream
BT-101


IP Phone
http://www.grandstream.com
Grandstream
BT-102


IP Phone
http://www.grandstream.com
Grandstream
HT-286
1


http://www.grandstream.com
Grandstream
HT-386
2


http://www.grandstream.com
Grandstream
HT-486
1

Router
http://www.grandstream.com
Grandstream
HT-488
1
1
Router
http://www.grandstream.com
Grandstream
HT-496
2

Router
http://www.grandstream.com
Yuxin
YWH-10


IP Phone
http://www.yntx.com/en/
Yuxin
YWH-100


IP Phone
http://www.yntx.com/en/
Yuxin
YGW-20
2


http://www.yntx.com/en/
Yuxin
YUS-10


USB
http://www.yntx.com/en/
Digium
TDM04B

4
PCI
http://www.digiumcards.com
Digium
TE110P

1 E1
PCI
http://www.digiumcards.com
Digium
TE405P

4 E1
PCI
http://www.digiumcards.com

Tempat yang sangat baik untuk melihat daftar berbagai IP Phone berbasis SIP yang ada di pasaran di VoIP Info http://www.voip-info.org/wiki/view/VOIP+Phones.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar